Taman Sari Yogyakarta, Kompleks Bersejarah dengan Arsitektur Klasik – Jogja punya banyak tempat rekreasi unik dan menarik. Anda sudah tahu Malioboro tentunya. Selain kawasan perbelanjaan ini, Jogja juga menawarkan pemandangan lain yang mungkin belum pernah anda saksikan sebelumnya. Kali ini kami akan mengajak anda berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta, sebuah situs bersejarah yang berlokasi di Jl. Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta
image source: airatransport.com

Sejarah Taman Sari Yogyakarta

Tempat yang dulunya merupakan arena rekreasi keluarga kerajaan ini kini berubah menjadi cagar budaya sebab struktur bangunannya sangat unik, khas arsitektur jaman dulu. Arealnya sendiri sangat luas dan di dalamnya juga terdapat pulau buatan, danau buatan, kolam pemandian, kanal air, serta struktur menarik lainnya. Ada banyak yang bisa dieksplor. Setelah melihat kolam pemandian, anda bisa menelusuri lorong-lorong yang akan mengarahkan anda ke mesjid bawah tanah.

Seperti namanya, mesjid ini memang dibangun di bawah tanah. Bukan hanya itu saja letak keunikannya, bentuknya pun tidak biasa yakni seperti panggung. Berbicara soal spot menarik, sebenarnya semua bagian dari Taman Sari Yogyakarta instagrammable banget. Dari bangunannya saja sudah terlihat arsitektur kunon nan megah. Selain masjid bawah tanah, berjalan sedikit lagi anda akan menemukan tangga yang bermuara pada kolam air.

Taman Sari Yogyakarta 2
image source: balistarisland.com

Harga tiket masuk

HTM ke tempat bersejarah ini tidak mahal. Perorang hanya dikenakan Rp. 5.000,- saja. Itu untuk turis lokal, sementara turis mancanegara dikenai biaya Rp. 12.000,- per orang. Di sekitar sini terdapat banyak penjual oleh-oleh khas. Jadi jika anda ke Jogja sekalian ingin beli oleh-oleh, tidak usah jalan jauh-jauh sebab disini juga terdapat penjaja camilan khas lokal. Lantas, kapan sebaiknya berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta? Hari-hari biasa umumnya agak lengang. Jika anda tidak suka situasi yang super crowded, sebaiknya datang di hari-hari kerja. Di malam minggu, kondisinya sangat berbeda sebab tempat ini akan ramai oleh pengunjung.

LIHAT JUGA  5 Tempat Wisata Menarik Di Kota Purwakarta
Taman Sari Yogyakarta 3
image source: masbidintravel.net

Akses ke lokasi

Jika masih bingung soal petunjuk jalan, dari Jalan Malioboro silakan lanjutkan perjalanan menuju alun-alun Jogja, lalu ambil jalan di sebelah barat. Setelah bertemu perempatan pertama, ambil jalan ke kiri. Lanjut saja terus sampai anda tiba di pertigaan Pasar Ngasemyang. Dari sini belok ke kiri, lurus terus sepanjang kurang lebih 2 km. Nanti anda akan melihat pintu masuk istana di kiri jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here