Candi-candi di Magelang Yang Kaya Akan Nilai Historis – Magelang adalah sebuah kota dimana salah satu situs bersejarah terbesar, Candi Borobudur berlokasi. Sebenarnya bukan itu saja candi yang berada di kota ini. Jika anda tertarik untuk melakukan wisata sejarah, kami akan memberikan beberapa rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi. Tidak hanya situs bersejarah saja, wisata alam disini juga tidak kalah keren dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Yuk, langsung saja cari tahu apa saja candi-candi di Magelang yang bisa dijadikan tujuan wisata.

Candi Di Magelang Candi Mendut
image source: kamerabudaya.com

Candi Mendut

Candi Mendut merupakan candi peninggalan Agama Buddha yang berada di Mungkid Magelang. Candi berbentuk persegi empat ini dihiasi oleh stupa-stupa kecil. Di dalamnya terdapat deretan relief yang menggambarkan cerita Burung Manyar dan Kera, Kura-Kura dan Burung, serta berbagai fabel lainnya. Meski terkesan seperti cerita anak-anak, namun ada banyak petuah yang bisa dipetik oleh orang dewasa. Menurut Prasasti Kayumwungan, pembangunan Candi Mendut dipimpin oleh Raja Indra pada Masa Kerajaan Wangsa Syailendra.

Candi Di Magelang Candi Ngawen
image source: dolanmagelang.com

Candi Ngawen

Candi yang satu ini berada di Desa Gunungpring Magelang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Muntilan. Wisatawan yang ingin berkunjung hanya perlu berjalan sekitar 1 km ke arah selatan dari Jl. Pemuda Muntilan. Pembangunannya berada di bawah kekuasaan 2 dinasti berbeda. Itulah mengapa candi ini terlihat seperti perpaduan Candi Hindu-Buddha. Bagian yang meruncing membuatnya terlihat seperti Candi Hindhu. Sementara itu, di sekitarnya terdapat stupa dan teras yang merupakan ciri khas dari Candi Budha. Kompleks ini punya 5 bangunan candi, 2 diantaranya merupakan candi utama, sementara 3 lainnya adalah candi apit.

Candi Di Magelang Candi Borobudur
image source: over-blog.com

Candi Borobudur

Borobudur merupakan ikon wisata yang amat kita banggakan sebab kemegahannya sudah sampai ke telinga orang luar. Bahkan candi ini ini pernah ditetapkan sebagai situs warisan dunia di tahun 1991. Dengan luas 123 x 123 m2, keindahan Borobudur bisa terlihat dari jauh. Pondasinya terdiri atas 10 tingkat dimana di sekelilingnya terdapat 72 buah stupa dan 504 arca. Bagian lain yang punya nilai historis adalah relief bagian bawah candi. Relief bernama Kamadathu ini melukiskan bagaimana sifat buruk manusia bisa mengantarkannya menuju neraka. Ada pula relief lain yang disebut Rapadathu, menceritakan manusia yang berhasil bebas dari hawa nafsu.

LIHAT JUGA  Daftar Objek Wisata Yang Lagi Hits di Banyumas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here