Eksotisnya Danau Kelimutu alias Danau Tiga Warna – Tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk pelesiran sebab di Indonesia ada begitu banyak destinasi yang bisa ditelusuri, salah satunya adalah Danau Kelimutu. Apa yang menjadi daya tariknya? Melihat danau dengan 3 warna air berbeda merupakan pemandangan langka. Dan itulah yang membuat Danau Kelimutu berbeda dari danau lainnya.

Wisata Danau Kelimutu
image source: floreskomodotour.com

Fakta seputar Danau Kelimutu

Danau yang berada di ketinggian 1.639 mdpl ini terletak di Kabupaten Ende, NTT. Yang unik dari danau ini bukan hanya kombinasi warnanya saja, tapi juga fakta bahwa warna-warna tersebut berubah dari waktu ke waktu. Warna yang pernah muncul diantaranya adalah merah, biru, putih, coklat tua, hijau. Menurut pendapat para ahli, kejadian ini dipicu oleh perubahan molekul atau gas di dalam danau. Ada beberapa zat yang terdapat di dalamnya, seperti natrium oksida, ferum, dll. Unsur mana yang lebih dominan, itulah yang akan mempengaruhi warna dari danau.

Wisata Danau Kelimutu 2
image source: afronesiatours.co.za

Mitos Danau Kelimutu

Meski punya pemandangan yang begitu menakjubkan, Danau Kelimutu juga menyimpan sejuta misteri. Ini bisa dilihat dari penamaan danau-danau tersebut. Salah satu danau yang berada di ujung barat diberi nama Tiwu Ata Mbupu, memiliki makna danau untuk jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Sementara danau di bagian tengah bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, artinya danau untuk jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Sementara danau yang letaknya paling timur disebut dengan Tiwu Ata Polo, memiliki makna danau untuk jiwa-jiwa yang semasa hidupnya sering melakukan kejahatan.

Wisata Danau Kelimutu 3
image source: objekwisatapopuler.com

Akses ke lokasi

Danau Kelimutu bisa dicapai dari berbagai tempat. Jika anda memilih jalur barat, maka pemberhentian pertama yang harus dituju adalah Labuan Bajo. Ini merupakan kota pelabuhan yang juga menjadi pintu masuk Flores bagian barat. Wisatawan bisa naik ferry dari Pelabuhan Sape di Sumbawa. Sementara itu, bagi anda yang ingin berangkat dari Denpasar, pilih saja penerbangan menuju Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Dari sini, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mobil atau angkutan umum. Mobil masih menjadi alternatif terbaik sebab jumlah angkot terutama di Jalur Transflores masih terbilang minim. Waktu tempuh dari Labuan Bajo ke Ende adalah sekitar 9 jam, jadi siapkan fisik sebaik-baiknya. Rute lain yang bisa dicoba adalah Kupang – Maumere dan Kupang – Ende.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here