Telaga Warna Dieng, Wisata Alam yang Mempesona – Telaga Warna adalah salah satu objek wisata alam di Dieng yang begitu mempesona sebab warna air di telaga ini berubah dari waktu ke waktu. Perubahan warna tersebut dipengaruhi oleh konten sulfur di dalamnya. Dari warna kuning, telaga bisa berubah menjadi hijau atau pelangi. Ada beberapa fakta unik yang perlu anda ketahui seputar telaga warna. Yang pertama, telaga ini merupakan kedua yang terluas setelah telaga menjer. Kedua, objek wisata ini merupakan salah satu landmark di Wonosobo.

Telaga Warna Dieng
image source: satujam.com

Sejarah

Menurut kepercayaan setempat, pembentukan Telaga Warna ada hubungannya dengan legenda. Konon air di telaga tersebut berasal dari tangisan penduduk kerajaan. Mereka bersedih karena putri kerajaan menolak hadiah yang diberikan sang ayah untuk hari ulang tahunnya. Untuk sampai kesini, anda bisa menaiki kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika anda lebih memilih transportasi umum, pilihlah bus yang melalui rute Wonosobo Dieng sebab telaga warna berada di kabupaten Wonosobo, tepatnya di Dieng Wetan.

Telaga Warna Dieng 2
image source: ranselhitam.com

Harga tiket masuk

Jika anda sedang mencari rekomendasi liburan murah, telaga warna bisa menjadi alternatif. Pengunjung tidak dikenai biaya besar untuk masuk ke lokasi. Harga tiket masuk hanya Rp. 7.000,- saja. Ini belum termasuk biaya parkir bagi pengunjung yang datang membawa kendaraan. Tarif parkir tidak jauh berbeda dengan objek wisata lain. Untuk kendaraan roda dua, tarifnya hanya Rp. 2.000,-, sementara roda empat Rp. 5.000,-. Perlu diingat, harga yang disebutkan tadi tidak fix alias bisa berubah sewaktu-waktu. Biasanya tarif akan naik saat liburan tiba sebab telaga warna akan dipadati pengunjung di momen-momen seperti ini.

Telaga Warna Dieng 3
image source: alampriangan.com

Keunikan telaga warna

Selain warna airnya yang kerap berubah, lingkungan disini juga sangat sejuk. Wajar saja, Telaga Warna Dieng berada di ketinggian 2000 mdpl, jadi udaranya benar-benar sejuk. Bagi anda yang perlu menghilangkan penat dari rutinitas kota, silakan datang saja kesini. Telaga Warna dikelilingi oleh bukit, salah satu yang paling dikenal adalah Bukit Ratapan Angin. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah pagi hingga siang hari. Menjelang sore, telaga biasanya mulai ditutupi oleh kabut. Alhasil, pandangan akan menjadi terganggu, sehingga keindahan telaga warna tidak nampak dengan jelas.

LIHAT JUGA  Berwisata Bersama Keluarga di Pantai Pangandaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here