Desa Penglipuran, Sebuah Perkampungan Unik dengan Kearifan Lokal – Bali merupakan pulau dengan sejuta pesona, jadi tak heran jika destinasi ini sangat digandrungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, dari ujung timur hingga ke barat. Dari sekian banyak objek wisata, salah satu yang menawarkan nuansa berbeda adalah Desa Penglipuran.

Desa Penglipuran
image source: arusutara.com

Informasi seputar Desa Penglipuran

Desa Penglipuran merupakan sebuah desa di Kabupaten Bangli yang masih menjaga kearifan lokal dengan sangat baik. Rumah-rumah di perkampungan ini merupakan rumah kuno yang jauh dari kesan modern. Dulunya desa ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi raja-raja yang berkuasa di Bali. Penglipuran sendiri dalam bahasa lokal berarti penghibur. Nama tersebut sangat pas disematkan pada desa ini sebab suasananya memang sangat menghibur dan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Desa Penglipuran 2
image source: inspirasi.co

Daya tarik

Daya tarik utama Desa Penglipuran adalah arsitektur rumah penduduknya yang masih tradisional. Selain itu, deretan rumah tersebut juga terlihat seragam. Seperti kebanyakan rumah lain di Bali, setiap pekarangan memiliki tempat persembahyangan berbentuk pura. Selain itu, di dalam rumah juga terdapat lumbung dan balai untuk menyambut tamu yang ingin berkunjung. Dengan keunikannya tersebut, Desa Penglipuran juga kerap dijadikan tempat untuk foto pra-wedding. Bagi pecinta fotografi, ini juga merupakan spot yang tepat untuk diabadikan sebab pemandangan seperti ini semakin sulit dijumpai di jaman modern seperti sekarang.

Desa Penglipuran 3
image source: tourhotelbali.com

Harga tiket masuk

Harga tiket yang ditetapkan untuk wisatawan domestik adalah Rp. 10.000,- untuk anak dan Rp. 15.000,- untuk dewasa. Sementara untuk wisatawan asing, tarifnya lebih tinggi, yaitu Rp. 25.000,- untuk anak-anak dan Rp. 30.000,- untuk dewasa. Objek wisata ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore waktu setempat. Tutupnya hanya di hari-hari besar keagamaan saja, seperti Nyepi, Galungan, dan kuningan.

LIHAT JUGA  6 Objek Wisata Di Bali Pantai Dan Alam Yang Eksotis

Desa Penglipuran bisa ditempuh dari berbagai arah. Dari Denpasar misalnya, anda perlu melakukan perjalanan ke arah timur laut menuju Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam. Desa Penglipuran juga dekat dengan objek-objek wisata lain terkenal di Bali, seperti Pura Besakih dan Tirta Empul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here