Petung kriyono
Petung kriyono national nature heritage

PETUNGKRIYONO merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Pekalongan yang terletak di bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara.

Kawasan ini merupakan bagian dari dataran tinggi Dieng, yang masih terjaga keasriannya. Kawasan ini juga Memiliki luas wilayah sekitar 7.358 hektare dengan ketinggian sekitar 500 – 2100 mdpl, yang dihiasi dengan bentang alam yang berupa gunung-gunung, hutan belantara, air terjun dan sungai-sungai dengan air yang jernih khas sungai-sungai pegunungan ( seperti yang sering kita lihat di acara acara televisi )

Air terjun petung kriyono
Air terjun petung kriyono

Tidak hanya itu sobat traveler didalam satu kawasan Petungkriyono ternyata memiliki beberapa pilihan wisata lain yang terdiri dari Curug Bajing, Curug Muncar, Curug Lawe, Curug Sibedug, River Tubing di Sungai Welo dan masih banyak lagi pilihan wisata menarik di Petung Kriyono.

Air terjun
Air terjun

Untuk moda transportasi selama berada di kawasan petung kriyono sobat traveler dapat menggunakan Angkutan wisata yang ada di kawasan Ekowisata Petungkriyono yaitu mobil L300 (disebut doplak) . Angkutan ini dibranding dengan sebutan Anggun Paris (Angkutan Pegunungan Pariwisata). Kelebihan memakai kendaraan ini adalah sudah teruji melewati medan pegunungan Petungkriyono yang terkenal dengan jalur yang sulit di lalui oleh kendaraan biasa. Selain itu, dengan memakai doplak, wisatawan dapat melalukan kegiatan primate watching (pengamatan primata) di Kawasan Hutan Sokokembang yang pastinya bisa menambah pengetahuan kita tentang kehidupan liar primata-primata tersebut.

LIHAT JUGA  9 Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Kota Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here