5 Spot Wisata Yang Bisa Dikunjungi Di Papua Barat

5 Spot Wisata Yang Bisa Dikunjungi Di Papua Barat
5 Spot Wisata Yang Bisa Dikunjungi Di Papua Barat

Pulau bagian timur Indonesia ini mempunyai semua pesona alam yang belum pernah Anda kunjungi. Pemandangan dunia bawah lautnya menjadi surga bagi pecinta alam. Tidak hanya kekayaan alamnya, Provinsi Papua Barat juga memberikan kearifan budaya lokal yang masih bertahan di era modern sekarang ini. Dalam artikel ini akan dibahas 5 Spot Pariwisata di Papua Barat termasuk: Arkeologi Tapurarang, Pulau Mansinam, Desa Sawinggrai, Taman Nasional Teluk Cendrawasih dan Raja Ampat.

  1. Arkeologi di Tempat Bersejarah Tapurarang di Papua Barat

Berbagai warisan sejarah juga berkontribusi dalam memperkaya sejarah budaya di negara ini, seperti situs kuno dari era megalitik yang ditemukan di Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Namanya adalah Situs Purbakala Tapurarang yang tampaknya mengungkapkan tabir peristiwa masa lalu yang dilukis melalui beberapa tangan merah dan jejak kaki di dinding gua. Situs Arkeologi Tapurarang, Fakfak ditemukan di tebing di tepi laut. Situs Tapurarang adalah objek wisata yang berupa objek lukisan berupa telapak tangan, mata, telapak kaki, lumba-lumba, kadal, tanaman, dedaunan, wajah manusia, dan bumerang. Lukisan-lukisannya terlihat biasa, tetapi cukup untuk menggambarkan manusia dan kehidupan sehari-hari mereka. Teknik melukisnya juga unik. Objek objek dibuat seperti disemprotkan. Warnanya merah dan kuning.

  1. Objek Wisata Pulau Mansinam di Papua Barat

Berbicara tentang sejarah peradaban Papua, itu tidak akan terlepas dari peran misionaris masa lalu yang datang ke Papua untuk memberitakan kabar baik dalam Injil. Ini adalah sejarah yang terjadi sekitar 160 tahun yang lalu di sebuah pulau bernama Mansinam. Pulau Mansinam berada di Teluk Doreh yang merupakan bagian dari ibu kota Papua Barat, Manokwari. Jika diperhatikan, tidak ada yang istimewa tentang Kawasan Wisata ini dengan tidak lebih dari 800 penduduk. Barisan pohon kelapa yang menghiasi tepi pantai dan bukit hijau yang ditumbuhi pohon rindang adalah pemandangan umum yang sering dijumpai di Mansinam. Selain itu, tidak ada jalan raya di pulau ini, hanya jalan beton ukuran sedang yang sedang dibangun sesuai dengan instruksi pemerintah.

LIHAT JUGA  9 Destinasi Wisata Terbaik Kota Gresik

 

  1. Desa Sawinggrai Objek Wisata Indah di Papua Barat

Tidak salah jika Papua sering disebut sebagai bumi surga. Ya, di tempat ini Anda masih bisa melihat keindahan burung Cederawasih yang merupakan ikon keindahan hewan. Anda bisa datang ke Desa Wisata Sawinggrai, Kecamatan Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat untuk melihat dari dekat Bird of Paradise yang masih dilestarikan hingga saat ini. Situs Wisata Desa Sawinggrai saat ini dihuni oleh sekitar 36 keluarga dan beberapa di antaranya memiliki keahlian membuat kerajinan tangan khas patung. Ada empat spesies cendrawasih yang dilestarikan di sini, yaitu bawbear merah (Paradisaea Rubra), bawahan rotan (Cicinnurus Magnificus), bawbaw kecil (Paradisaea Minor) dan bawgaw besar (Paradisaea Apoda). Salah satu dari empat spesies, penyok merah, adalah ikon khas Desa Sawinggrai.

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih Objek Wisata Terbaik di Papua Barat

Situs Wisata Teluk Cendrawasih memiliki struktur geologi yang unik dan sejarah oseanografi yang sangat penting. Taman nasional laut ini memiliki terumbu karang yang luas dengan kualitas terbaik di dunia. Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di 5 wilayah dan dua provinsi, yaitu Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Waropen di Provinsi Papua. Komunitas lokal yang tinggal di sekitar taman nasional menggunakan sumber daya laut sebagai sumber kehidupan. Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah teluk yang dikelilingi oleh beberapa pulau, termasuk Pulau Biak, Pulau Yapen, dan daratan Pulau Papua. Secara administratif, wilayah ini berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Provinsi Papua.

  1. Raja Ampat Hebatnya tempat wisata di Papua Barat

Selain kekayaan alamnya, Papua juga memiliki tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Raja Ampat adalah negara kepulauan yang secara administratif terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau ini adalah tujuan bagi penyelam yang tertarik dengan pemandangan bawah laut. Kepulauan Raja Ampat adalah salah satu dari 10 perairan terbaik untuk menyelam di seluruh dunia, sehingga sangat potensial untuk digunakan sebagai lokasi wisata, terutama wisata selam. Di tempat ini juga merupakan rumah bagi 75% spesies karang dunia, di desa Saindarek, ketika pasang surut terendah, kita bisa melihat terumbu karang tanpa menyelam. Beberapa spesies unik yang dapat ditemukan saat menyelam di Raja Ampat adalah beberapa jenis kuda laut kerdil, wobbegong, dan pari Manta.

LIHAT JUGA  5 Tempat Wisata Menarik Di Kota Purwakarta

Itulah pembahasan mengenai 5 Spot Wisata Yang Bisa Dikunjungi Di Papua Barat. Semoga bermanfaat ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here